YANG MAU JADI MIDLANER DOTA2 MASUK SINI GAN!!

           MASTERING THE SOLO MID

Kali ini ane mau bagi - bagi tips dan guide salah satu role di dota 2, Solo Mid (Posisi 2)Saat lo main sebagai seorang midlaner, jangan sampai lo lupa dengan player di lane lainnya. Lo bener - bener harus perhatiin map, coba tingkatin map awareness lo. sering -  sering cek minimap dan hati-hati terhadap gank musuh, karna di mid itu termasuk lane yang sungkar terhadap gank, sama seperti halnya offlane ( hardlane ). Ngebantu temen di team fight di awal-awal game juga hal yang penting buat midlaner ( jangan kebanyakan farm di mid coy :D ) sering-sering roam ke lane lain. Hal ini dapat berdampak besar kepada team. Ketika lo roaming, usahain roam sesingkat mungkin dan tentunya dapet kill. Ini bertujuan agar lo dapat kembali ke lane lo dengan cepat dan memastikan bahwa midlane musuh ga terlalu dapet free farm. Kenapa dikatakan Posisi 2 ? karna disini lo orang yang di prioritaskan farmnya nomor 2, dan disini lo juga diharapkan dapat membuat space untuk posisi 1 (Safelane Carry) biar bisa farm.

      FARMING AND CREEP EQUILIBRIUM
*creep Equilibrium = titik temu creep
Satu-satu cara agar lo dapat dikatakan menang di midlane adalah lasthit dan deny sebanyak-banyaknya. Tentunya ngelakuin lasthit dan deny juga ga mudah guys. Nah ada banyak hal yang bisa lo lakuin supaya farming lo di midlane berjalan lancar dan efisien dan lo bisa mengontorl creep waves lebih baik. Ya, Salah satu yang creep Equilibrium ( titik temu creep ). Posisi yang ideal buat lo farming yaitu dapetin high-ground yang artinya musuh lo harus farming di low ground ( river ) dan harus attack upper-ground dan ini adalah posisi yang enak buat support lo untuk nge gank ( easy gank ) karna keadaan musuh jauh dari jangkaun tower, makanya sebisa mungkin lo dapetin high-ground dan control creep supaya tetep di high-ground lo. Oh ya guys, dimidlane lo harus sebisa mungkin untuk mendeny creep ranged lo, da lo harus sebisa mungkin dapetin creep ranged enemy, kenapa? karna di midlane creep ranged expnya jauh lebih besar ketimbang meele creep. jika lo terus dapetin creep ranged musuh dan terus deny creep ranged lo, otomatis lo dapetin lvl lebih tinggi dari musuh lo.
Pulling creep saat laning Stage

Ketika lo ga dapetin high-ground lo, ada beberapa cara supaya creep lebih deket ke tower lo ( high-ground ). Lo bisa narik aggro creep musuh dengan cara meng-attack ke hero musuh di lane lo, Syaratnya lo harus berada 500 range di deket musuh ( sebisa mungkin deket creep musuh saat mau narik aggro ) kalau lo ada  di luar 500 range ini creep musuh gak akan peduliin lo, ngenes amat wkwkw. Saat lo berhasil narik aggro creep musuh, mereka bakaln nyerang dan ngikutin lo dalam waktu 1-2 detik, dan setelah itu creep bakal menyerang targe terdekatnya kembali.

Lo punya 2 pilihan :



  • Lo tarik aggro creep musuh dan bawa mereka ke ranged creep lo. Creep musuh bakal mulai nyerang ranged creep lo dan ranged creep lo bakalan mati lebih cepet ( R.I.P Ranged Creep FeelsBadMan ). Hasilnya creep wave musuh bakalan punya pushing power yang lebih dari creep wave lo, yang berarti lo bakalan punya high ground advantage.
  • Lo bisa tarik aggro creep musuh terus-terusan dengan cara lo coba serang hero musuh setiap 1-2 detik. Creep musuh bakalan ngikutin lo sampe ke high ground. Kalo musuh lo nggak ngelakuin apapun buat antisipasi pull yang lo lakuin maka creep lo juga bakalan ngikut creep wave musuh balik ke high ground lo. Kalo musuh lo ada di 500 range dari creep lo dan dia juga ngelakuin hal yang sama maka creep lo nggak bakalan balik tapi bakalan ngikutin hero musuh lo. Yang artinya lo nggak punya apapun buat nge-tank creep musuh yang barusan lo tarik, disini lo bakalan punya 2 pilihan lagi, pilihannya tergantung dari regen dan kemampuan last hit di bawah tower yang lo punya. Kalo lu punya regen yang cukup gede, lo bisa coba untuk nge tank damage dari creep wave sambil nunggu new wave dateng, dan kalo lo nggak punya regen yang cukup, lebih baik lo tarik creep wave ke tower lo dan coba untuk last hit di bawah tower. Dari dua pilihan tadi musuh lo bakalan susah buat nge deny farm yang lo punya. (EZ farm)


  •       RUNE CONTROL
    Syarat penting bagi kalian yang mau ngambil rune di river adalah habisi semua creep yang ada didepan lo terlebih dulu, kenapa? karna pada saat lo akan mengambil rune otomatis lo ninggalin mid lo, oleh karna itu sebisa mungkin lo harus ngabisin creep musuh di mid lo dengan cepat supaya lo dapet semua exp dan gold nya, dan ini juga bisa membuat creep lo maju ke high-ground musuh, dan disini lah letaknya utamanya kenapa lo harus ngabisin creep musuh di mid terlebih dulu, yang pertama musuh ga akan ninggalin farm mereka karna ada creep di dekat towernya, otomatis dia farm dulu ( ngabisin creep lo dulu dibandingkan langsung bawa rune ). nah dan disini lo otomatis dapet rune nya, dan balik ke lane lagi tanpa harus meninggalkan farming lo, karna lo udah habisin creep musuh di wave sebelumnya.

    Yang Pertama :
    dan paling penting adalah dengan rune controlling ini lo gak ngebiarin musuh lo punya keuntungan lebih besar dengan rune yang ada, karena dengan ngebiarin musuh lo ngambil rune lo bakalan ngasih kesempatan buat mereka untuk nge-gank lane lain atau make efek dari rune buat nge zone out lo dari midlane nantinya. Oleh karena itu bakal lebih baik lo ambil rune yang ada walaupun lo nggak butuh efek dari rune tersebut dari pada lo biarin. Kalopun lo nggak mau ngambil rune yang ada paling nggak pastiin lo punya vision dari rune tersebut buat jaga-jaga siapa tau musuh lo yang ambil rune tersebut.

    Yang Kedua :
    adalah untuk refill a.k.a isi ulang Bottle mu. Dengan controlling rune saat lo punya bottle artinya lo dapet 3 charge baru dari bottle yang lo punya + efek dari rune yang lo ambil yang nantinya mungkin berguna buat lo di lane adalah efek dari rune itu sendiri,  dengan efek yang lo dapet dari rune yang lo ambil lo bakalan punya kemungkinan yang lebih besar untuk ganking atau pun winning the lane.

    Mungkin itu yang menerut ane paling penting apa-apa aja yang harus dilakuin ketika lu di mid. Dan cuman segini doang yang bisa ane jelasin.

          HARASSING
    Harassing a.ka nyicil hero musuh adalah prioritas kedua. Seperti yang udah gw bahas di atas tujuan utamanya lo ada di mid itu buat dapetin lvl dan farm dengan cepat. bukan cuman menangin lane.
    Harassing musuh bisa dengan 2 cara:

    Passive Harass
    Passive Harass disini artinya lo bisa nyicil musuh lo cuman dengan attack. passive harass ini bakalan efektif saat musuh lo di mid pake hero meele dan lo pake hero ranged.

    Active Harass
    Saat lo pengen make spell/Skill yang lo punya buat nyicil musuh, lebih baik lo jangan langsung auto-attack hero musuh, tapi deketin dulu sampai cast range dari skill yang lo punya sudah cukup. ini bertujuan supaya lo ga narik aggro creep musuh lo, perlu di inget juga AoE ( Area of Effect ) skill yang lo cast ke hero musuh ada kemungkinan bakal kena ke creep di sekitarnya, yang artinya lo bakalan ngasih ke untungan dalam hal positioning. Saat temen lo ada inisiatif buat nge gank musuh di lane lo, ane saranin lo mulai coba ngeharass musuh lo biar gank yang temen lo kaluin bakalan punya potensi kill yang lebih besar. 

    Source:

    Nah apaliba penjelasannya kurang lengkap lo bisa lihat langsung tips and trick langsung dari pro!
    Untuk lebih jelasnya langsung saja tonton dan simak baik-baik vidio di bawah ini


    You are always most welcome to add your usefull tips below in comments, if its something awesome, i will surely add it in main post. thanks for coming here =))

    Share this:

    ABOUT THE AUTHOR

    Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

    0 comments:

    Post a Comment