BE LIKE PROS! DOTA2 SUPPORT TIPS AND TRICK!

       TIPS DAN TRIK MENJADI SUPPORT YANG BAIK



Dalam game Dota2, peran support sangatlah penting. Makanya 2 temen team kalian idealnya harus nge-pick support, kenapa 2? bukannya 1 saja sudah cukup? di dota2 ada istilah Posisi 1-5 nah 2 diantaranya itu sebagai Semi-support(posisi 4) dan hard support (posisi 5). Jadi idealnya dalam satu team itu harus ada 2 support.

Sedikit penjelasan tentang posisi 4 & 5 :

POSISI 4 (SEMI-SUPPORT)
Posisi 4 adalah posisi semi-support disini perannya selain membantu carry  posisi 4 juga membantu hard-support seperti membeli ward, dust, upcourier, dll. Posisi 4 juga biasanya dapet  farming dihutan (nge-pull creep) atau stacking creep untuk farming carry di mid-game.

POSISI 5(HARD-SUPPORT)
Posisi 5 ini adalah posisi yang jarang banget di mainkan, hanya segelintir orang saja yang mau memainkannya, dikarenakan ini adalah posisi yang paling berat diantara posisi-posisi lainnya. Mengapa? selain membutuhkan gold untuk membeli item-item support seperti ward, dust, smoke, bahkan membeli item healing untuk membantu carry, posisi ini juga tidak mendapatkan farm, otomatis item yang didapatkan juga terbilang sedikit. Selain susah mendapatkan farm, posisi ini juga sering menjadi incaran pada saat clash, dikarenakan hero kalian yang lemah, yaah makanya banyak orang gak mau memainkan posisi 5 ini, bisa dibilang game gak akan seru kalau kalian kebanyakan mati. Nah disini ane mau memberikan bagaimana cara menjadi support yang baik dan tidak membosankan tentunya.

1. Hindari Auto-Attack dan Harassing
Hal penting dalam supporting selain meng-cover hard-carry kalian juga harus bisa membuat hard-carry farming dengan mudah (ez farm), nah salah satu caranya adalah dengan tidak menyerang creep di lane pada saat early game, jika kalian terus menerus menyerang creep musuh otomatis creep kita maju sampe ke tower musuh dan ini menyebabkan carry susah farm, makanya banyak dari carry melakukan perintah untuk menarik creep(pull creep) kepada support, ya intinya supaya creep musuh maju lebih deket dengan tower kalian. Nah yang ke 2 ini adalah harassing a.k.a nyicil hero musuh, ini bisa di lakukan kalau carry kita ngerti bagaimana cara mengcontrol lane(jadi support gak perlu ngepull creep) karena carry kalian ngerti bagaimana cara control lane otomatis creep musuh selalu dekat tower kalian, dan otomatis pula si hero musuh mendekat untuk farming dan mendapatkan exp, nah disini kalian bisa melakukan harassing a.k.a nyicil musuh, ini bertujuan untuk memukul mundur musuh sehingga menjauh dari creep dilane dan terpaksa farm di jungle, dan membuat carry kalian mendapatkan free farm pada saat early game.

2. Ward dan courier menjadi prioritas pertama

Tidak perlu ditanya lagi, sebagai hard-support  wajib membeli support item dan ward itu menjadi prioritas pertama, jadi utamakan warding sehingga carry kalian bisa farming dengan aman. Jangan lupa untuk selalu menjaga stok ward, karena kalian gak tau kapan enemy akan melakukan deward. Jadi apabila map sudah terasa cukup aman, cobalah beli item untuk kebutuhan team dan tentunya untuk meperkuat diri kalian, seperti magic stick, bracer(early game), dan jangan ragu untuk membeli sentry atau dust jikalau ada hero musuh yang menghilang a.k.a riki, bounty hunter, weaver, nyx.

3. Melakukan Rotasi dan Gank

Jika kalian sudah berhasil mengamankan farm disatu lane, cari kesempatan untuk melakukan rotasi dan mengamankan lane lain. Karena jika kalian tetap dilane sedangkan carry dalam kedaan free farm, kalian tidak akan mencapai apapun, dan hanya mengambil exp dari carry tim kalian di lane, coba lah untuk mengamankan lane lain dalam keadaan seperti ini, disarankan gunakan smoke pada saat akan melakukan rotasi, bergeraklah dari sudut yang susah dideteksi(dari belakang atau dari samping). Jika kalian melakukannya dengan benar, harusnya kalian bisa membunuh hero lawan dilane lain, dan itulah tujuan lainnya dari melakukan rotasi, selain mengamkan dan membantu lane lain kalian juga harus bisa membunuh hero musuh di lane lain(gank). Lakukan rotasi ini sesuai dengan kebutuhan tim kalian, jika carry disafelane membutuhkan bantuan, secepat mungkin kembali ke safelane dan buat carry kalian dapatkan free farm kembali.

4. Positioning and vision
Pada saat terjadi clash, untuk bisa membantu team kalian dengan cepat, kalian harus ada di posisi yang tepat, ini berarti kalian dituntut untuk bisa membaca arah permainan serta bergerak sesuai dengan arah tersebut. Karena paling mudah di bunuh, kalian biasanya adalah mangsa utama musuh, tetapi jika carry kalian sudah benar benar kuat kalian akan benar benar dihiraukan pada saat terjadi clash atau teamfight, karena mereka akan sangat kesulitan melawan 1 hard-carry yang sudah fat(kuat), dan jika kalian(support) masih jadi mangsa utama para musuh, otomatis carry di team kalian tidak ada yang nge-lock atau mencoba membunuhnya, otomatis carry kalian akan dapat membunuh hero musuh yang mencoba membunuh kalian(support) dengan sangat mudah. Intinya kalau terjadi teamfight atau clash cover terus team kalian tentunya dengan jarak yang memungkinkan  kalian untuk bergerak maju menggukan skill, atau diluar jangkauan musuh.

Saran ane, dalam teamfight, berdirilah didekat atau dibelakang core atau carry yang lebih kuat dan bisa melindungimu, jika tidak memungkinkan kalian bisa bergerak di sela pepohonan. Jika kalian punya item seperti blink dagger, atau force staff, kalian bisa berdiri cukup jauh dari core atau carry kalian. Meskipun begitu kalian harus mempertahikan kapan kalian harus menggunakan kedua item tersebut.

5. Jangan pernah mati percuma
Salah satu tugas yang sulit dari hero support adalah bertahan hidup pada saat teamfight, Jika memang kamu harus mati, jangan mati tanpa melakukan sesuatu yang signifikan. Memang, support kadang harus jadi tumbal demi melindungi hero lain, namun bukan berarti kalian bebas mati kapan saja hanya karena kalian bermain sebagai support,  setiap kematian akan membuat kalian tertinggal dalam hal gold dan exp, sehingga membuat permainan menjadi sulit.


6. Enjoy your game
Sering banget jika kalian memainkan hero support pasti kena blame atau bacot dari team kalian, nah enjoy disini berarti jangan kebawa emosi dan balik nge blame team kalian, ingat disini peran kalian penting, dan yang harus di ingat adalah hard-carry(posisi 1) bisa membuat team kalian menang walaupun dalam kedaan kalah atau terdesak. Kalau kalian selalu support carry kalian sekuat tenaga meskipun kalian di blame sampe panas kuping, keadaan bisa berbalik kapan saja. Makanya ada istilah kayak gini

Nah itulah tips and trick dari ane, mungkin itu masih dasar-dasarnya saja ya tapi lumayan buat nambah-nambah ilmu bagi yang masih awam bermain support.
You are always most welcome to add your usefull tips below in comments, if its something awesome, i will surely add it in main post. thanks for coming here =))

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment